PPDB Online

Pendaftaran PPDB Online 2018/2019

Pendaftaran Pengumuman PPDB Prov SULSEL 2018/2019

Sulsel.siap-ppdb.com - Pendaftaran Pengumuman PPDB Prov SULSEL 2018/2019 Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang telah menjalankan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Saat ini ada sekitar 131 Sekolah Menengah Atas dan sekitar 51 Sekolah Menengah Kejuruan yang berpartisipasi dalam sistem PPDB Prov SULSEL.

Untuk Anda yang belum familiar dengan sistem PPDB, PPDB merupakan sistem baru yang diterapkan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam proses seleksi dan penerimaan peserta didik baru. Sistem ini sengaja diberlakukan untuk meminimalisir terjadi nya tindak tanduk kecurangan dalam sistem penerimaan peserta didik baru yang marak terjadi di beberapa daerah yang ada di Indonesia.


Dengan sistem ini, harapan nya label “sekolah favorit” bisa dihilangkan dari benak calon murid dan orang tua. Dengan begitu, harapan nya mereka tidak lagi terlalu “pilih – pilih” dalam menetapkan tempat bersekolah. Di lain sisi, dengan sistem ini, proses seleksi dan PPDB Prov SULSEL dan provinsi – provinsi lain nya diharapkan bisa berlangsung dengan lebih transparan sehingga aksi “jual – beli bangku” yang sebelumnya marak terjadi bisa lebih diminimalisir.

Khusus untuk Provinsi Sulawesi Selatan, sistem PPDB online masih belum diterapkan untuk semua jenjang pendidikan. Menurut pantauan kami di halaman situs https://sulsel.siap-ppdb.com/, hanya ada dua jenjang sekolah yang sudah menerapkan sistem PPDB Online, yaitu jenjang sekolah SMA dan jenjang sekolah SMK.


Jalur PPDB Prov SULSEL untuk Jenjang Pendidikan SMA dan SMK

Saat ini, terdapat enam alternatif jalur pemasukan yang bisa dicoba oleh calon peserta didik yang ingin mendaftar. Ke enam jalur pemasukan tersebut terdiri dari satu jalur akademik dan lima jalur non akademik.


A. Jalur Akademik

Proses seleksi PPDB Prov SULSEL melalui jalur akademik dilakukan dengan menggunakan kriteria penilaian utama berupa nilai ujian nasional. Jalur penerimaan ini adalah jalur penerimaan netral. Arti nya, siapa pun boleh mendaftar melalui jalur ini tanpa terkecuali.


B. Jalur Non Akademik

Berbeda dengan jalur akademik yang menggunakan nilai ujian nasional sebagai penentu utama hasil seleksi, jalur non akademik tidak menggunakan hasil ujian nasional sebagai kriteria penilaian utama seleksi PPDB. Saat ini ada empat jalur non akademik utama dan satu jalur non akademik tambahan yang bisa dicoba oleh para calon peserta didik. Jalur – jalur tersebut adalah sebagai berikut:


1. Jalur Afirmasi

Jalur afirmasi merupakan jalur penerimaan yang diperuntukkan secara khusus bagi calon peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus atau pun calon peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu.


2. Jalur Prestasi

Jalur prestasi merupakan jalur penerimaan yang diperuntukkan secara khusus bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi di bidang IPTEK, seni, atau pun olah raga. Calon peserta didik yang diperbolehkan mendaftar melalui jalur ini adalah mereka yang dapat menunjukkan bukti otentik (berupa sertifikat / piagam) bahwa mereka pernah berprestasi dalam ajang perlombaan / kejuaraan di tingkat Kabupaten / Kota hingga tingkat Internasional.


3. Jalur Kemitraan

Jalur kemitraan adalah jalur penerimaan peserta didik yang hanya boleh diikuti oleh calon peserta didik yang ditunjuk oleh instansi tertentu menjalin kemitraan dengan sekolah, seperti pemerintah daerah, perusahaan daerah, atau pun perusahaan swasta.


4. Jalur Domisili
Jalur ini ditujukan untuk calon peserta didik yang tinggal / berdomisili di sekitar sekolah. Untuk bisa mendaftar melalui jalur ini, calon peserta didik wajib menunjukkan Kartu Keluarga dan surat keterangan dari pemerintahan setempat yang membenarkan bahwa calon peserta didik tersebut benar – benar berdomisili di area sekitar sekolah.


5. Jalur Pemenuhan Daya Tampung

Jalur ini merupakan jalur khusus yang hanya dibuka jika daya tampung sekolah tertentu tidak / belum berhasil terpenuhi dari jalur – jalur lain nya.


Alur Pelaksanaan PPDB Prov SULSEL

Alur pelaksanaan PPDB Prov SULSEL dapat dibagi menjadi enam tahap. Ke enam tahap tersebut adalah sebagai berikut


Tahap Pendaftaran

Dalam tahap ini calon peserta didik melakukan pendaftaran secara online di halaman situs https://sulsel.siap-ppdb.com sekaligus mencetak tanda bukti pendaftaran pada tanggal yang telah ditentukan. Normal nya tanggal pendaftaran melalui jalur non akademik akan didahulukan beberapa hari dari tanggal pendaftaran melalui jalur akademik.


Tahap Verifikasi

Dalam tahap ini, calon peserta didik yang telah melakukan pendaftaran secara online diwajibkan datang ke SEKOLAH PILIHAN PERTAMA (untuk jalur non akademik) dan SALAH SATU SEKOLAH PILIHAN (untuk jalur akademik) untuk melakukan verifikasi pendaftaran.


Pelaksanaan Proses Verifikasi oleh Pihak Sekolah

Dalam tahap ini sekolah akan memverifikasi data yang diberikan oleh calon peserta didik, mencetak Tanda Bukti Verifikasi Pendaftaran, dan menyerahkan Tanda Bukti Verifikasi  ke pada calon peserta didik.


Pengumuman

Setelah proses seleksi dilaksanakan, hasil seleksi akan diumukan secara online di halaman situs website https://sulsel.siap-ppdb.com. Untuk mengecek hasil pengumuman, calon peserta didik dapat membuka halaman situs berikut: https://sulsel.siap-ppdb.com.


Daftar Ulang

Jika nanti nya peserta didik diterima di sekolah tempat mereka mendaftar, calon peserta didik wajib melakukan daftar ulang pada tanggal yang telah ditetapkan.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update info seputar PPDB Online hanya di situs ini yang akan membahas secara lengkap mengenai Pendaftaran Online PPDB Semua daerah, apabila terdapat pembaharuan informasi kami akan segera update maka dari itu penting sekitaranya para pembaca untuk update secara berkala agar tidak ketinggalan informasi terutama bagi wali murid atau siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang SMA/SMK.